Jul 21, 2022

Rip Curl Cup Padang Padang Kembali Hadir!

Formasi Baru Untuk 8 Peselancar Lokal Yang Beruntung.

Setelah dua tahun lamanya absen akibat pandemi, WSL dan Rip Curl dengan senang hati mengumumkan bahwa acara tahunan Rip Curl Cup Padang Padang yang ke-16 hadir kembali, dan untuk tahun ini tidak hanya menyediakan media yang sempurna bagi 8 tuberiders internasional terbaik dunia sebagai tantangan untuk mereka bergelut dengan ombak di planet ini, tetapi juga untuk menyambut formasi baru kompetisi trials yang akan menjadi penentu siapakah dari 8 peselancar lokal legendaris dan pemenang terdahulu yang akan menjadi tuberiders selanjutnya. Termasuk didalamnya peselancar wanita pertama yang akan bergabung dengan 8 peselancar internasional.

“WSL sangat bersemangat untuk menyambut Rip Curl Cup Padang Padang tahun ini di Indonesia. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Rip Curl dalam event spesial ini di tahun 2022,” papar Ty Sorati, selaku manajer WSL Asia Pasific. “Event ini sangat unik karena hanya berlangsung di momen ombak terbaik, yang artinya kita akan melihat ombak yang sempurna pada saat kompetisi berlangsung. Kami tidak sabar untuk bisa menyaksikan para tuberiders terbaik dunia dan juga Indonesia bergumul dengan ombak paling mistis di dunia.”

Ke 16 tuberiders profesional yang diundang akan bersiap selama bulan Agustus untuk mengantisipasi momen ombak dan gelombang yang spektakuler tersebut datang serta menunjukkan kepada penonton selancar di seluruh dunia bagaimana mereka bisa menguasai ombak Padang-Padang yang begitu mistis. Event Manager Rip Curl Indonesia, Ribut Wahyudi bersama Direktur Kontes Rip Curl Indonesia James Hendy siap siaga mengamati, membaca situasi dan menganalisa semua kemungkinan yang ada, dan siap untuk memberi sinyal Rip Curl Cup untuk ON ketika kondisi ombak Padang-Padang yang sempurna terjadi.

“Bisa menyaksikan para tuberiders terbaik dunia berhadapan dengan talenta terbaik Indonesia di Bali setelah dua tahun absen adalah sesuatu yang kita semua impikan," kata Direktur Kontes James Hendy. "Kami berterima kasih kepada komunitas selancar lokal dan Pemerintah Daerah yang telah mengizinkan tradisi ini berlanjut dan berharap dapat melihat semua orang bisa datang di acara pembukaan event ini di Pantai Padang Padang pada hari Minggu, 31 Juli nanti.”

The Rip Curl Cup Trials this year will see a significant change in format for the selection process of the 8 locals that will be in the Main event’s field of 16. In previous years the  top 4 finalists from the Trials and the top 4 from the last year’s Main event that joined the 8 hand-picked internationals to make up the final field, but this year brings an evolutionary departure to the Trials event format.

Di antara para barrel rider terbaik dunia, telah dipastikan bahwa Taina Angel Izquierdo akan ikut serta mewakili Indonesia sebagai satu-satunya kompetitor wanita pada heat draw kompetisi trials tahun ini.

"Sedari aku kecil, aku selalu datang ke event Rip Curl Cup Padang Padang untuk menyaksikan dan merasakan betapa spesial dan ajaibnya acara ini," tutur Taina Angel.

"Ketika aku mendapat undangan untuk berselancar dalam kompetisi trials tahun ini, aku merasa sangat kagum, terhormat dan bersyukur. Menjadi satu-satunya peselancar wanita Indonesia yang berkompetisi melawan beberapa peselancar favoritku dan bukan sekedar di tempat surfing biasa, tetapi di Padang Padang? Wah, benar-benar mimpi yang jadi kenyataan," imbuhnya.

32 peselancar lokal telah diundang untuk kompetisi trials sama seperti sebelumnya, tetapi saat sudah berada di air bisa menjadi sesuatu yang luar biasa… Berikut adalah bagaimana kompetisi trials ini akan berlangsung:

  • Round Robin (tanpa eliminasi), 1 babak terdiri dari 8 peserta
  • Terdiri dari 8 babak, masing-masing 1 jam
  • Tanpa Prioritas
  • Setiap peselancar akan berkompetisi sebanyak dua kali, dengan dua ombak terbaik dihitung untuk keseluruhan skor (20 dari 20 sebagai kemungkinan untuk mendapatkan skor tertinggi)
  • The top 8 Surfers with the Highest Total Heat Scores will advance into the Main event
  • Surfer with the Highest Overall Heat Total from their combined two wave scores will be the Rip Curl Cup Padang-Padang Trials Champion 2022.

Ensuring that the 2022 Rip Curl Cup is exposed to the frothing global surfing audience is a renewed partnership with the World Surf League, who for the 5th time are sanctioning the Rip Curl Cup as a Specialty Event. 

Masa tunggu Rip Curl Cup Trials telah berlangsung, dan bersamaan dengan press release ini kemungkinan akan berlangsung antara tanggal 26-29 Juli jika prediksi ombak saat ini menjadi kenyataan.

The 2022 Rip Curl Cup Padang Padang will be webcast LIVE to the world at ripcurl.com  and at  worldsurfleague.com. Fans can also visit the Rip Curl website to check the official event swell forecast, real-time contest status, and video updates from Bali.

JADWAL ACARA RIP CURL CUP PADANG PADANG 2022:

Event Waiting Period

1 – 31 Agustus 2022

Rip Curl Planet Beach Cleanup

Jumat, 29 Juli 2022 Pk. 08.00 (WITA) di Pantai Padang Padang, Bali.

Opening Ceremony

Minggu, 31 Juli 2022 Pk. 15.00 (WITA) di Pantai Padang Padang, Bali.

  • Meet the surfers
  • Press conference
  • Traditional Balinese Kecak Dance

Official Rip Curl Cup Party

Jumat, 26 Agustus 2022, dari jam 14.00 (WITA) – selesai.

Live performance dengan bintang tamu spesial di Ulu Cliff House.

Rip Curl Cup Padang Padang 2022 disponsori oleh: SAMUDERA INDONESIA SPORTS, ISLAND BREWING, dan ULU CLIFF HOUSE

Official resort partner:  Anantara Uluwatu Bali Resort.

Official Internet Provider: Biznet

The Rip Curl Cup is Padang Padang 2022 is suppported by: Yamaha, Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) & the Asian Surf Cooperative (ASC).

Media partner: BaliBelly dan Asian Surf Cooperative (ASC)

Related Articles