Mar 15, 2023

Saatnya Menghadapi Ketakutanmu Untuk Surfing?

Merasa sudah waktunya menghadapi ketakutanmu Untuk Surfing? Tim rider kami yang berpengalaman berbagi cerita tentang bagaimana mereka melewati rasa takut untuk menghadapi ombak.

Ada berbagai macam cara yang bisa kita ambil untuk menghadapi ketakutan kita untuk surfing. Terkadang secara sadar kita memutuskan untuk menantang diri kita sendiri dan paddling ke tempat yang sedikit di luar zona nyaman kita. Terkadang ketakutan kita dapat mengejutkan kita ketika ombak tiba-tiba muncul dan kita berada di line up. Atau mungkin kita mulai merasakan kegelisahan datang ketika kita tiba-tiba menyadari keberadaan ikan besar lainnya yang berbagi lautan dengan kita (kamu tahu ikan-ikan itu). Tim rider kami pernah ada di posisi itu dan tidak takut untuk berbagi cerita dan strategi mereka untuk terus surfing.

Jamaika dibesarkan di Margaret River, Australia Barat, daerah yang terkenal dengan hiu putih besar... 'Banyak serangan hiu mulai terjadi kepada orang-orang yang kami kenal di sekitar kampung halamanku. Begitu menakutkan. Ketika aku paddling ke air, aku mulai melihat hiu tepat di sebelahku dan aku harus berbalik dan keluar dari air. Aku hampir menangis dan jantungku berdetak sangat kencang. Sejujurnya, aku belum bisa mengatasi rasa takut akan hiu. Tapi aku surfing karena aku menyukainya dan tidak ada yang bisa menghentikanku. Kamu tidak bisa berhenti melakukan sesuatu hanya karena kamu takut.' Tentu saja selalu buat keputusan yang tepat sebelum kamu paddling ke air dengan memeriksa berita, mendengarkan obrolan para penduduk setempat di tempat parkir tempatmu surfing – dan dengarkanlah instingmu. Kita adalah bagian dari ekosistem seperti halnya hiu, jadi jika instingmu berbunyi, mungkin lewatkan saja ombak hari itu.

Surfing di ombak yang lebih besar dari biasanya merupakan pengalaman yang luar biasa ketika kamu merasa sudah siap. Agar tetap aman, mintalah surfer yang lebih berpengalaman untuk paddling bersama untuk memberimu kepercayaan diri saat set yang lebih besar masuk. Orang lokal Fiji, Hannah, memutuskan untuk pergi surfing di Cloudbreak dengan seorang teman yang sudah lebih sering berada di air dengan ombak yang lebih besar. 'Aku mungkin tidak akan paddling jika bukan karena dia, tetapi aku berpikir, 'Aku adalah cewek lokal di sini jadi jika dia pergi, aku pasti akan mencobanya juga. Dia meminjamkanku papannya dan saat itu kami bahkan belum sempat menangkap ombak sebelum beberapa bom besar datang. Bagian terburuknya adalah hal itu tidak mungkin terjadi begitu saja. Kamu sebenarnya punya waktu untuk mempersiapkan diri saat kamu melihat set bergerak ke arahmu. Aku menyelam di bawah ombak dan aku kehilangan papanku dan tali papanku juga putus. Aku ingat saat muncul ke permukaan dan temanku sangat membantu dan meyakinkanku. Dia berkata, “Aku sangat bangga padamu. Kamu bisa pakai papanku sekarang. Aku tidak akan pernah melupakannya.’

Mason grew up in Hawaii and has been caught unawares by comfortable waves quickly building in size. ‘If you get incoming swells and you're out there, it just picks up so fast. I've sat out the back and wanted to cry because I don’t know how I am going to get back in.’ Not to be dissuaded from bigger swells at home in Noosa, Mason takes the time to watch the waves. ‘One way to overcome the fear is to just pay attention to the ocean, even when you can't get out the back. When I can’t make it out the back when it’s really big, instead of feeling frustrated I usually bring a set of fins down to the beach so if I can't make it out, I can go for a bodysurf instead.’ Sure tackling fears can be a game changer but if you’re not feeling it, going for a swim or a body surf instead, or just simply watching the more experienced surfers go for the big waves can be fun. Mind surf those bigger waves and maybe one day you’ll decide to paddle out and join them.

Artikel Terkait